kemahasiswaan@unpam.ac.id

Jl. Raya Puspitek, Buaran, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Apa itu CV Kreatif?

CV kreatif merupakan format CV yang bertujuan untuk menarik perhatian perekrut dalam bentuk visual yang disajikan di dalam CV.

Pembuatan CV kreatif bertujuan memberikan informasi secara visual kepada HRD terkait informasi diri si pelamar melalui grafis dan estetika dari dokumen CV.

CV kreatif biasanya dibuat untuk menunjukkan bahwa calon pelamar merupakan orang yang kreatif.

Ciri khas CV kreatif ini lebih enak dilihat karena selain tulisan, CV kreatif juga didukung dengan visual yang menarik. CV kreatif cocok dipergunakan saat melamar pekerjaan yang membutuhkan kreativitas tinggi seperti graphic designer, illustrator, art director, dan sebagainya.

Bagaimana cara membuat CV Kreatif?

  1. Kenali perusahaan atau instansi yang kamu tuju

Ketika memutuskan untuk melamar ke lowongan pekerjaan di suatu perusahaan atau instansi, mencari informasi tentang mereka adalah sebuah keharusan.

Sebelum memutuskan untuk melampirkan CV dalam lamaran, sebaiknya terlebih dahulu memerhatikan segala persyaratan yang harus dipenuhi.

Selain itu, juga harus mengetahui seluk beluk perusahaan, seperti di bidang apa perusahaan itu bergerak, atau bila perlu apa visi misi yang mereka usung.

  1. Cermati posisi yang dilamar

Tidak semua perusahaan menganggap CV kreatif sebuah nilai plus dari seorang pelamar. Kebanyakan perusahaan multinasional justru lebih menghargai CV standar yang tidak memiliki desain yang rumit. Maka dari itu harus diperhatikan posisi yang akan dilamar, lebih baik menggunakan CV kreatif atau CV standar yang tidak memiliki desain yang rumit.

  1. Jangan memaksakan membuat CV kreatif

Di beberapa perusahaan besar, penggunaan ATS kini semakin lumrah. Applicant Tracking System (ATS) adalah sebuah software yang didesain untuk membantu perusahaan dalam melakukan perekrutan pegawai secara efisien.

Penggunaan kata kunci yang tepat dalam CV adalah hal yang sangat krusial karena sistem akan mengidentifikasi apa yang ditulis dalam CV, alih-alih desain menawan.

  1. Masukkan informasi yang jelas

Dalam proses perekrutan karyawan baru, ada satu faktor penentu yang mungkin sulit diterima oleh para pelamar, yaitu subjektivitas perekrut.

Oleh karena itu, hal utama yang harus perhatikan jika ingin memutuskan untuk menggunakan CV kreatif adalah pastikan informasi yang ingin disampaikan dapat dibaca dengan jelas.

Sebab, ketika perekrut membaca CV kreatif dan tiba-tiba mereka menemukan kesulitan dalam memahami informasi di dalamnya, akan sangat mudah bagi mereka untuk beralih ke CV lainnya.

  1. Tampil elegan dengan CV yang orisinil

Sebagai calon profesional muda yang ke depannya akan banyak menghadapi tantangan dan tuntutan dalam dunia kerja, seharusnya kamu mulai berpikir bagaimana caranya agar bisa standout.

Salah satunya adalah tampil orisinil di CV. Menampilkan orisinalitas diri dalam CV merupakan hal yang sangat penting.

Maksud orisinil di sini adalah tidak mencomot kalimat yang sudah terlalu sering digunakan di banyak CV atau resume. Ayo ungkapkan sisi unik dari kompetensimu, baik berupa pencapaian maupun kepribadian yang menarik.

  1. Jangan terlalu banyak hiasan

Desain inovatif dan segala rupa ornamen justru mengaburkan informasi yang hendak disampaikan dalam CV. Memang terkadang sangat sulit untuk menghindari “godaan untuk tampil unik” dengan CV kreatif yang inovatif.

Namun, bisa menunjukkan lebih banyak kebolehanmu dalam membuat desain melalui portofolio.

Desain dalam CV sebaiknya digunakan sebagai gambaran atau pengenalan saja terhadap identitas dan kemampuan kreatifmu.

Copyright © 2024 - LKA Universitas Pamulang