WEBINAR KARTINI’S DAY!

KEMAHASISWAAN

“Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya.”-R.A.Kartini.

Perjuangan Kartini seperti tidak lekang oleh waktu, melalui tulisannya seakan semangat sang pelopor emansipasi wanita ini tidak akan ada habisnya. Tak heran, banyak sekali cara untuk kembali membangkitkan semangat jiwa muda terutama para perempuan dalam memperingati Hari Kartini yang bertepatan pada tanggal 21 April.

(21/04/2021) Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pamulang, mengadakan Webinar Peringatan hari Kartini yang diselenggarakan oleh Bidang Sosial dan Kerohanian dengan tema “Semangat Kartini, Tingkatkan Perempuan Hebat Indonesia yang Terpelajar Guna Menopang Kepribadian Bangsa”. Webinar ini merupakan rangkaian kegiatan dalam peringatan hari kartini, yang mana sebelumnya telah dilakukan “Essay Competition” bagi mahasiswa/i Fakultas Hukum Universitas Pamulang.

Adapun melalui tema tersebut, merefleksikan peran perempuan dalam  meningkatkan kualitas diri untuk ikut memajukan kepribadian Bangsa.

Secara tersirat bisa kita simpulkan jika wanita dapat berperan sebagai siapa saja, kini dapat mengerjakan segala sesuatu tanpa ada perbedaan dengan laki-laki dan dapat menjalankan peran penting dalam keluarga maupun sosial.

Webinar ini dihadiri oleh Dr. Taufik Kurrohman SHI., M.H. selaku kaprodi Ilmu Hukum S-1, Dr. Oksidelfa Yanto, S.H., M.H selaku Dekan Fakultas Hukum, Dr. M. Wildan, S.S., M.A selaku Warek III Universitas Pamulang dan sambutan ditutup oleh Dr. E. Nurzaman, AM., M.M,. M., SI selaku Rektor Universitas Pamulang dengan membuka acara webinar secara resmi.

Acara webinar ini dipandu langsung oleh Eka Puteri Ramadhanti selaku Ketua Bidang Sosial dan Kerohanian serta sebagai Master of Ceremony Webinar dan Vani Yulia Rosa selaku anggota Bidang Sosial dan Kerohanian serta sebagai moderator Webinar. Tak lupa dengan pembukaan yang disampaikan oleh Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum, Adam Andriantama Bayu Aji.

Webinar ini terbagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama penyampaian materi  oleh Ibu Dian Ekawati S.H, M.H., dengan pembahasan Kartini di Era Milenial dan sesi kedua bersama Bendahara Umum OIC Youth Indonesia yang juga merupakan demisioner pengurus HIMA FH periode 2016-2018, Mevi Amanda Sari S.H., M.Kn. yang membahas Peranan Perempuan dalam Pembangunan yang Berprespektif Gender, serta sesi terakhir yaitu diskusi tanya jawab dengan para audiens.

Pada sesi pertama, secara garis besar menjabarkan mengenai kaum perempuan di era sekarang yang berhasil menorehkan tinta emas bagi bangsa dan negara dengan menjadi pilar-pilar penting di tanah air. “Seperti ibu Sri Mulyani yang dipercaya mengemban tugas sebagai menteri keuangan RI, meski tidak mudah mengemban tugas seperti itu. Namun beliau berhasil membuktikan bahwa perempuan dapat melakukan hal-hal yang mungkin dilakukan disaat yang mungkin orang lain pandang tidak mampu” tegas Ibu Dian.

Sementara itu, pada sesi kedua, lebih banyak membahas konsep gender antara laki-laki dan perempuan yang terjadi di masyarakat serta kasus-kasus yang menimpa perempuan dalam pandangan sosial. “Konvensi Perempuan menyatakan ketidaksetaraan antara perempuan dan laki-laki adalah hasil dari kontruksi sosial. Oleh karena itu, tindakan pro aktif harus dilakukan untuk menghapuskannya” ujar beliau.

Selanjutnya sesi dalam sesi ketiga, yaitu sesi diskusi panel antara narasumber dan partisipan. Uniknya banyak partisipan yang antusias untuk memberikan pertanyaan atau sanggahan, sehingga moderator Vani Yulia Rosa harus terpaksa membatasi hal demi efektifitas waktu kegiatan.

Pemikiran seorang Kartini memang tidak habis ditelan waktu. Sebuah pemikiran yang telah membuat wanita beranjak dari status sosial yang telah lama merekat dalam diri mereka.

Semoga semangat Kartini akan terus berlanjut, bukan hanya ceremonial disetiap tanggal 21 April namun semangat itu akan terus menyala tak lekang oleh waktu dan banyak kartini-kartini muda yang lahir dari Universitas Pamulang terkhusus Fakultas Hukum.

Selamat Hari Kartini untuk semua perempuan di Indonesia.

Bidang Sosial Dan Kerohanian Hima FH Universitas Pamulang periode 2021/2022

Total Page Visits: 72 - Today Page Visits: 1