Webinar Hari Batik Nasional, “Cinta Budaya, Generasi Muda Berkarya”

KEMAHASISWAAN

Webinar Hari Batik Nasional, “Cinta Budaya, Generasi Muda Berkarya”

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang mempunyai nilai dan perpaduan seni yang tinggi dan  penuh dengan makna filosofis. Batik yang merupakan tradisi turun temurun telah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak zaman dahulu.

Hari Batik Nasional yang bertepatan pada tanggal 2 Oktober merupakan hari perayaan Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbenda (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 lalu oleh UNESCO.

Tak terkecuali Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pamulang, pada tahun ini mengadakan sebuah Webinar Peringatan hari Batik Nasional yang diselenggarakan oleh Bidang Sosial dan Kerohanian dengan tema “Cinta Budaya, Generasi Muda Berkarya”.

Adapun melalui tema tersebut, merefleksikan peran generasi muda dalam  meningkatkan kualitas diri untuk ikut memajukan kepribadian Bangsa. Secara tersirat bisa kita simpulkan jika generasi muda dapat berperan sebagai siapa saja, dan menumbuhkan rasa cinta generasi muda indonesia terhadap budaya bangsa serta tetap semangat berkarya demi melestarikan warisan budaya bangsa.

Webinar ini dihadiri oleh Dr. Taufik Kurrohman SHI., M.H. selaku kaprodi Ilmu Hukum S-1, Dr. Oksidelfa Yanto, S.H., M.H selaku Dekan Fakultas Hukum, diilanjutkan dengan membuka acara webinar oleh Dr. E. Nurzaman, AM., M.M,. M., SI selaku Rektor Universitas Pamulang.

Webinar ini di isi oleh Ibu Ayu Dyah Pasha selaku Ketua Ikatan Pecinta Batik Nusantara. Pada kesempatan ini, bu Ayu memaparkan dan menjelaskan asal usul dan sejarah batik di Nusantara, yang tujuannya agar para mahasiswa sebagai generasi muda lebih mengenal dan mengerti wawasan seputar batik. Setelah kawan kawan mahasiswa sudah mulai memahami dan mengenal apa itu batik, maka harapannya akan tumbuh rasa cinta dan keinginan untuk senantiasa melestarikan salah satu Budaya bangsa yang menjadi ciri khas bangsa, yaitu Batik. Bu ayu juga menyampaikan bahwa ada Kompetensi Putra dan Putri Batik Indonesia, yang tujuannya agar dapat mendorong dan meyakinkan generasi muda bahwa Batik ini mampu bersaing dalam bidang tata busana khususnya di Era Modern ini. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda penerus bangsa, harus mau dan mampu untuk senantiasa menjaga dan melestarikan Batik Indonesia ini.

 

Contact Person :

Bidang Sosial dan Kerohanian Hima FH Universitas Pamulang Periode 2021/2022

WA : 0813-8370-5996

Email : sosker.fhunpam@gmail.com

 

Salam Perubahan!

Agent of Social HIMA FH UNPAM

Bidang Sosial dan Kerohanian

Himpunan Fakultas Hukum UNPAM

Total Page Visits: 34 - Today Page Visits: 1