Water Rescue Training Di Mahasiswa Pecinta Alam Archa Buana

LEMBAGA KEMAHASISWAAN & ALUMNI (LKA)

 

Mahasiswa Pecinta Alam Archa Buana Universitas Pamulang mengadakan Pelatihan Water Rescue Di Setu 7 Muara, Pamulang, Tangerang Selatan –  Banten. Bersama BASARNAS Jakarta sebagai Instruktur di kegiatan Pelatihan kali ini yang diadakan Pada 14 – 15 Mei 2022.

Pelatihan Ini diadakan guna mengantisipasi adanya korban pada saat situasi banjir di kota Tangeran Selatan. Para Peserta dibekali Materi Teknik Mendayung, Membawa Perahu, Teknik Menjangkau Korban, Duduk Yang Benar Diperahu, Teknik Mengangkat korban, dll.

Para Peserta juga dibekali Materi RJP (Resusitasi Jantung Paru) dimana ini adalah tindakan pertolongan pertama Bantuan Hidup Dasar pada orang yang mengalami henti napas karena sebab – sebab tertentu. RJP bertujuan membuka kembali jalan napas yang menyempit atau tertutup dengan melakukan beberapa teknik pijatan atau penekanan pada dada. Kenapa Teknik RJP ini harus dipelajari? Karena teknik ini tidak sembarang digunakan karna bisa beresiko patah tulang. Karna Setiap orang bisa berbeda penangananya mulai dari Balita sampai Lansia.

Pelatihan Ini diikuti Oleh Beberapa Siswa di tangsel, Mahasiswa Pecinta Alam Di Jakarta dan Tangsel, beberapa Mahasiswa Universitas Pamulang, dan Anggota Mahasiswa Pecinta Alam Archa Buana.

Pelatian di Hari Pertama Para Peserta dibekali Materi – materi kelas di Universitas pamulan dan dilanjut kehari esoknya Praktek di Situ 7 Muara dan juga ada Simulasi Gawat darurat Air seperti Adanya beberapa korban yang Tenggelam dan para peserta harus menyelamatkanya.

Kegiatan ini juga salah satu Bentung Rangkaian MILAD Mahasiswa Pecinta Alam Archa Buana yang ke-17 Tahun Dengan Harapan Untuk Menambah ilmu dan wawasan serta Pengalaman Anggota Mahasiswa Pecinta Alam Archa Buana dan juga Masyarakat dalam Kegawat daruratan di Air.

-Humas MPA Archa Buana

Berikut Beberap Dokumentasi DiLapangan..

 

Total Page Visits: 37 - Today Page Visits: 2