Usaha Maksimal Lembaga, Dosen Dan Mahasiswa; Unpam Juara Nasional Kompetensi Inovator Indonesia Ekspo (I3E) 2019 Ristek Dikti

KEMAHASISWAAN

Senin, 07 Oktober 2019

Pamulang – Universitas Pamulang kembali menyabet prestasi prestisius tingkat Nasional dengan dinobatkan sebagai juara Kompetisi Inovasi Inovator Indonesia Ekspo (I3E) 2019 Ristekdikti di JCC, 6 Oktober 2019.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh kementrian untuk mewadahi setiap Universitas di seluruh Indonesia dalam mempresentasikan ide atau inovasi industri di depan investor dan kementrian yang kemudian nantinya ide yang paling diminati akan diberikan modal atau dana baik kementrian dan investor itu sendiri. Bukan hanya inovasi atau ide baru sebenarnya, tapi juga sebagai ajang pameran bagi produk-produk inovasi yang telah jadi namun masih berharap ada investor yang dapat investasi kepada produk mereka.

TIM I3E Universitas Pamulang
TIM I3E Universitas Pamulang

Satu judul Unpam berhasil menempatkan diperingkat teratas. Dari 178 judul ide bisnis inovasi  dari berbagai  Perguruan Tinggi di Seluruh Indonesia bersaing dalam Kompetisi inovasi I3E 2019 Ristekdikti, yang berlangsung dari tanggal 3 s.d 6 Oktober 2019. Keberhsailan Unpam tidak lepas dari kegigihan berbagai pihak, diantaranya: Divisi Pusat Inovasi, Inkubasi dan Kewirausahaan LPPM, Bidang Kemahasiswaan, dan seluruh civitas Unpam yang telah berhasil  menghimpun, melatih, membina dan menerjunkan 11 judul unggulan untuk dikontestasikan dalam ajang yang sangat bergengsi  tersebut.

Sebenarnya Unpam menghasilkan (dua) kontestan yang masuk Grand Final. Di antara dua judul tersebut salah satunya dengan judul ide bisnis yang diusung Unpam adalah “Pupuk Organik Urine Sapi” yang berhasil meraih Juara 1 Nasional. Disusul judul “Smart Key” berhasil menjadi Juara Favorit. Sedangkan 4 judul lainnya masuk 30 besar Nasional Ristekdikti.

Tentunya keberhasilan terebut membuat bangga berbagai pihak civitas akademik Unpam, termasuk para mahasiswa. Salah satunya Murfid Agung Muafa, Mahasiswa Teknik Industri semester 7.

“Alhamdulillah suatu pengalaman baru, kebanggaan bagi kedua orang tua dan diri saya sendiri tentunya bisa mengikuti kompetisi dalam sekala yang besar, banyak sekali ilmu yang saya dapatkan selama kompetisi dan rekan atau relasi ke berbagai kampus, sehingga saya berharap setelah acara ini selesai kami bisa saling berhubungan untuk kemudian nantinya saling bekerja sama dalam pengembangan produk. Pesan saya untuk mahasiswa Unpam, Tetap berkarya dan berinovasi percaya diri akan apa yang telah kalian lakukan dan siapa yang menyangka suatu saat karya kalian atau ide kalian nantinya akan dibutuhkan oleh setiap orang.” Tutur Mahasiswa yang kini tinggal di Daerah Tangerang.

Keberhasilannya juga diakui karena banyak berbagai dukungan, terutama dukungan lembaga yang kini ikut berpartisipasi dalam mengantarkan seluruh Tim Unpam di Kejuaran Nasional yang bergengsi ini.

“Alhamdulillah dukungan dari kampus luar biasa sekali. Beruntung Univesitas Pamulang memiliki dosen-dosen yang berkualitas selalu setia membimbing kami dari pagi sampai malam, bahkan selama kompetisi pun jajaran dosen setia mendampingi dari pagi sampai berakhirnya acara luar biasa.” Papar Mahasiwa yang lahir di Kuningan 21-06-1998.

Total Page Visits: 114 - Today Page Visits: 1