Unpam Lolos ke Tingkat Nasional dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Berbahasa Inggris di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV

KEMAHASISWAAN

Bersama Kepala LLDIKTI Prof. Dr. Uman Suherman
Bersama Kepala LLDIKTI Prof. Dr. Uman Suherman

Pamulang Dalam rangka peningkatan daya saing mahasiswa antar perguruan tinggi, Universitas Pamulang mengirimkan delegasi untuk mengikuti kompetisi debat Bahasa Inggris tahunan bergengsi yaitu National University Debating Championship (NUDC). Mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti NUDC ditingkat LLDIKTI 4 adalah hasil dari seleksi internal di Universitas Pamulang. Peserta yang maju ke ajang NUDC kali ini adalah mahasiswa dari Program Studi Sastra Inggris yakni Muhammad Pasha Putra Pradana sebagai Debater 1 dan Hadi Wibowo sebagai N-1 Adjudicator dan Administrasi Perkantoran D3 yaitu Eka Ferdiana sebagai Debater 2.  Kegiatan NUDC ini diadakan di Universitas Widyatama Bandung pada tanggal 25-27 April 2019. Berkat kegigihan para pelatih: Aisyah Al-Baroroh, M.Pd, Sukma Septian Nasition, M.Pd dan Arif Darmawan Suwardi serta pendampingan tim dari Koordinator bidang kemahasiswaan, Eka Margianti S., M.Pd, akhirnya tim Debat Universitas Pamulang dapat lolos dan maju ke tingkat Nasional.

NUDC sendiri merupakan jawaban pemerintah dalam menghasilkan generasi mahasiswa yang mampu berpikir kritis serta mampu menyampaikan gagasan dan idenya di muka public. NUDC mengadopsi mode debat Parlemen Inggris dimana dalam satu ronde terdiri dari 2 Kubu, Pemerintah dan Oposisi, dan 4 tim, Pembuka dan Penutup, yang diberikan waktu hanya 15 menit setelah mendapatkan mosi yang bersifat impromptu untuk menyusun argumennya dan menyampaikannya di hadapan dewan juri serta penonton.

Peserta NUDC Perwakilan Unpam
Peserta NUDC Perwakilan Unpam

NUDC menerapkan 3 babak penyisihan untuk mendapatkan 16 besar yang akan bertanding pada ronde utama. Adapun pada setiap ronde, juri akan mengumumkan peringkat tim dan analisis tentang bagaimana dinamika debat di setiap ruang terjadi. Hanya pada ronde 3 dan perempat final sajalah di mana para peserta tidak diberitahu hasilnya. Universitas Pamulang ternyata gagal menduduki peringkat 16 besar pada pengumuman walaupun dengan hasil peringkat pertama dan kedua pada babak penyisihan secara berturut-turut. Akan tetapi, hal ini tidak menyurutkan semangat anggota tim dan peringkat mereka naik setelah adanya tim yang mengundurkan diri dan tidak datang pada hari ketiga. Hal ini disambut baik oleh tim Universitas pamulang yang mendapatkan kesempatan kedua dan mereka menunjukan performa terbaik mereka yang membuat mereka mendapatkan peringkat kesembilan dan layak untuk maju ketingkat nasional.

Sedang Berlangsung Lomba Debat
Sedang Berlangsung Lomba Debat

LLDIKTI Wilayah IV mendapatkan 11 slot untuk tingkat nasional yang diisi oleh kebanyakan tim veteran yang telah memiliki sepak terjang dan pengalaman yang mumpuni di bidang debat seperti Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjadjaran, Universitas Katolik Parahyang, Universitas Telkom, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dll. Hal ini membuat kesempatan untuk institusi kecil maupun yang baru sulit untuk menembus tingkat daerah menuju tingkat nasional. Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat tim Universitas Pamulang yang terbentuk hanya dalam waktu kurang dari satu bulan sebelum pertandingan. Adapun tim Universitas Pamulang melakukan latihan intensif selama 1 bulan tersebut. Seluruh tim yang lolos menuju nasional akan mendapatkan pembekalan dari pelatih yang akan dilaksanakan di kantor LLDIKTI Wilayah IV sebelum akhirnya akan bertolak ke Universitas Airlangga, Surabaya, untuk melaksanakan perhelatan debat terbesar di Indonesia pada bulan Juli 2019.

Total Page Visits: 72 - Today Page Visits: 1