UNPAM FOKUS LITERASI, WAREK III GELAR PELATIHAN JURNALISTIK BAGI PENGURUS HIMA & UKM

KEMAHASISWAAN

UNPAM UTAMA – Sejak beberapa pekan lalu Universitas pamulang mulai sibuk berbenah meningkatkan mutu kualitas mahasiswanya terkhusus di bidang literasi yang saat ini masih sangat dibawah standar.

Hal ini diungkapkan sendiri oleh Dr. Wildan selaku  Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan Universitas Pamulang, yang baru menjabat sejak September lalu. Dengan kenyataan yang cukup pahit tesebut Jajaran Rektorat dan Warek III mulai gencar merancang program-program yang fokus pada peningkatan literasi di lingkungan civitas akademika, salah satu upaya yang sudah digarap oleh Bidang Kemahasiswaan sendiri ialah program Kantin Berdiskusi yang sudah berlangsung sejak beberapa pekan lalu. Dan pelatihan Jurnalistik ini menjadi upaya lain yang diharapkan mampu meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi bagi mahasiswa.

Acara yang berlangsung pada Jum’at 1 November ini bahkan dibuka langsung oleh Ketua Yayasan Bapak H. Darsono, pada sambutannya beliau menekankan untuk memanfaatkan kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya dan mengarahkan peserta yang merupakan pengurus Hima dan UKM dari seluruh Fakultas termasuk Hima Hukum untuk dapat menulis berita yang membangun dan menginspirasi banyak orang.

Dilanjutkan sambutan dari Wakil Rektor III, Dr. Wildan menyampaikan bahwa Unpam mempunyai cita-cita yang besar dimasa mendatang, menargetkan peringkat ke-30 di tahun 2020 adalah PR besar yang harus dicapai bersama-sama, sehingga sinergitas terhadap peningkatan mutu universitas melalui indeks tingkat literasi di kalangan mahasiswa adalah hal mutlak yang harus mulai dibenahi.

Namun yang sangat disayangkan adalah sedikitnya jumlah peserta yang hadir saat itu membuat antusiasme acara sedikit berkurang, banyaknya perwakilan Hima dan UKM yang tidak dapat hadir membuat beberapa baris bangku  bagian belakang terlihat kosong. Bahkan acara harus  ditunda hingga beberapa waktu, disebabkan karena banyaknya peserta yang datang terlambat. Acara bahkan harus ditunda hingga hampir satu jam lamanya.

Walau demikian jajaran warek III dan pemateri tetap antusias memberikan pelatihan mengenai hal-hal mendasar dalam jurnalistik dan mengarahakan peserta untuk menjadi seorang jurnalis yang ideal dan tidak menulis sesuatu tanpa dasar yang jelas atau sesuatu yang tidak berguna bagi  kehidupan orang banyak. Selain itu pemateri, Bapak Misbah yang juga masih dosen di Unpam memberikan latihan diakhir acara agar para pengurus Hima dan UKM mulai membiasakan diri untuk membuat berita dan artikel di web kemahasiswaan yang telah disediakan.

Total Page Visits: 75 - Today Page Visits: 1