Tips Tentukan Topik Blog Untuk Blogger Pemula!

KEMAHASISWAAN

Ketika ingin mulai menekuni blog, hal paling utama yang harus dilakukan ialah menentukan topik atau tema blog. Jika salah memilih, akan membuat Sobat Himtif jadi kebingungan di tengah jalan. Tentu berpengaruh juga terhadap pengunjung blog yang akan kamu bangun.
Nah, kali ini Torbif akan sedikit berbagi tips bagaimana cara memilih tema blog untuk Sobif.

Topik Banyak Peminat

Jika Sobif ingin blognya banyak pengunjung, cobalah melakukan riset sebelum menentukan keyword yang akan dipilih. Sobif bisa gunakan tool seperti Google Trends atau Google AdWords Keyword Panner untuk menganalisa topik yang memiliki banyak peminat.

Bila Sobif memilih tema blog yang sedikit bahkan tidak ada peminatnya, hanya akan menghasilkan kekecewaan. Sebab, blog Sobif akan sepi pengunjung tentunya. Dan inilah salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh para blogger pemula.

Topik Untuk Dimonetisasi

Bukankah semua topik blog bisa dimonetisasi?

Benar. Namun tidak semua tema blog bisa dimonetisasi dengan cara yang sama. Maksudnya, ada topik yang cocok dimonetisasi dengan AdSense, ada tema blog yang lebih kondusif dimonetisasi dengan affiliasi, bahkan ada yang hanya cocok untuk jualan produk, dan lain sebagainya.

Jadi jika Sobif ngeblog karena ingin mendapatkan pemasukan, ada sedikit PR, yaitu akan dimonetisasi dengan apa blog tersebut.

Bahas Banyak Topik

Tidak ada yang salah atau bahkan melarang Sobif untuk membahas banyak topik. Bahkan bisa menjadi pilihan terakhir bila terlampau bingung dalam menentukan topik blog. Namun secara pribadi, jujur Torbif kurang begitu suka dengan blog seperti itu. Alasannya?

Sobif akan mendapatkan banyak keuntungan untuk urusan SEO bila blog yang dibuat hanya fokus pada satu topik pembahasan. Juga cenderung membuat postingan blog akan lebih mudah muncul di halaman depan mesin pencarian, sebab google tahu blog Sobif fokus dengan topik tersebut. Contohnya, bila kita ketikkan ‘spesifikasi asus zenfone max pro m1’ di kolom pencarian, dipastikan situs gsmarena.com akan muncul di halaman utama google.

Alasan lainnya, sudah terlalu banyak blog dengan membahas banyak topik, alias blog gado-gado. Jadi, kalau sudah terlalu banyak, mengapa Sobif tidak membuat suatu yang berbeda?

Dan selain alasan di atas, pengunjung blog juga akan lebih percaya terhadap blog Sobif sehingga dengan senang hati mereka mau memberikan backlink. Bukankah sangat menguntungkan bila mendapatkan backlink yang natural?

So, sudah siapkah untuk mulai ngeblog?

NB : Tak masalah bila sebelumnya Sobif memilih topik yang salah. Sebab, untuk mencapai kesuksesan, kita hanya perlu melangkah satu kali lebih banyak dari kegagalan.

 

Created by. Gufron Hadi

Divisi Pendidikan Himtif Unpam

Total Page Visits: 239 - Today Page Visits: 2