Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa sebagai Wujud Keseriusan Pendidikan Ekonomi dalam Meningkatkan Produktivitas Mahasiswa

KEMAHASISWAAN

Pamulang – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah program yang diluncurkan oleh Direktorat jenderal pendidikan tinggi untuk meningkatkan, mewadahi dan mewujudkan ide kreatif dan inovatif mahasiswa. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk semakin memperkenalkan mahasiswa terhadap program PKM dimana masih sedikit mahasiswa yang mengetahui adanya program PKM. Berdasarkan report terakhir, diketahui bahwa Pendidikan Ekonomi mengajukan 3 proposal PKM pada tahun 2019 lalu. Oleh karena itu, pada tahun ini Pendidikan Ekonomi meluangkan lebih banyak waktu untuk mendampingi mahasiswa dalam menyusun proposalnya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 20 Desember 2020 melalui video conference dengan aplikasi Zoom Meeting. Sosialisasi PKM dihadiri oleh Dr. Retno Wulandari, S.T., M.T., yaitu Reviewer Nasional PKM sebagai narasumber. Program PKM memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengajukan proposal kegiatan pada berbagai bidang yakni PKM bidang penelitian (PKM-P), PKM bidang kewirausahaan (PKM-K), PKM bidang pengabdian kepada masyarakat (PKM-M), bidang penerapan teknologi, bidang karsa cipta (PKM-KC), PKM gagasan tertulis (PKM-GT), PKM artikel ilmiah (PKM-AI), dan PKM gagasan futuristic konstruktif (PKM-GFK).

Diketahui dari pernyataan ketua pelaksana, Fika Rahmanita, S.Pd., M.M. bahwa antusiasme peserta pada program sosialisasi PKM ini cukup tinggi. Peserta kegiatan sosialisasi PKM adalah sebanyak 194 mahasiswa.

Dikatakan oleh Fika, “Program Studi Pendidikan Ekonomi mendampingi mahasiswa secara penuh dalam kegiatan PKM. Pada tahap selanjutnya Pendidikan Ekonomi akan mengadakan workshop pelatihan penulisan dan penyusunan proposal PKM. Hal ini merupakan wujud keseriusan Pendidikan Ekonomi dalam mendampingi mahasiswa hingga mendapatkan kesempatan menjalankan program PKM sesuai dg peminatan masing-masing.”

Pernyataan tersebut juga didukung oleh Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi yakni Saiful Anwar, S.Pd., S.E., M.Pd. Kaprodi menyampaikan, “sosialisasi PKM sebagai awal diadakannya pembinaan terhadap mahasiswa Pendidikan Ekonomi untuk meningkatkan kreativitas dan inovasinya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan terus muncul ide-ide baru dalam menjalankan kegiatan PKM dalam berbagai bidang.”

Total Page Visits: 452 - Today Page Visits: 1