SEMINAR ISU-ISU WAWASAN KEBANGSAAN DAN BHIKNNEKA TUNGGAL IKA

LEMBAGA KEMAHASISWAAN & ALUMNI (LKA)

Lemhanas atau Lembaga Ketahanan Nasional yang merupakan suatu lembaga pemerintah Non- Kementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintah di bidang Pendidikan pimpinan tingkat nasional, pengkajian strategik ketahanan nasional dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan dan juga berada dibawah koordinasi Menteri Pertahanan bekerja sama dengan Universitas Pamulang melaksanakan seminar pada hari Selasa, 18 Januari 2022. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang teleconference Universitas Pamulang,lantai 11 Gedung C Kampus 3 Viktor.

Seminar yang bertema Isu-Isu Wawasan Kebangsaan dan Bhinneka Tunggal Ika disampaikan oleh 2 orang pembicara dari Ikatan Alumni Lembahas (IKAL) DPD Provinsi Banten. Pembicara pertama adalah Ketua IKAL DPD Provinsi Banten yaitu Mayor Jendral (Purn) Achmad Yuliarto, S.Sos, M.Ap. yang menjalani jenjang pendidikan dan penugasan militer baik dalam negeri dan luar negeri seperti Romania dan Perancis. Presentasi beliau membuka wawasan yang berhubungan dengan materi kebangsaan. Beliau menerangkan Indonesia yang terdiri dari kurang lebih 17 ribuan ini memiliki berbagai keragaman baik suku, budaya, bahasa, agama dan lainnya, kekayaan baik di daratan dan laut yang luar biasa menjadikan Indonesia ajang rebutan negara lain. Cara satu-satunya adalah kita harus mampu mengelola dan memaksimalkan kemampuan dan kekayaan yang dimiliki ini oleh anak bangsa Indoesia sendiri.

Pembicara kedua adalah Dr. Yulianus Pongtuluran, S.E., M.Ed. Beliau putra Gorontalo yang menuntut Pendidikan di Indonesia dan beberapa negara lain seperti Australia. Masa kerja beliau dihabiskan di dunia Pendidikan di negara Republik Indonesia yang kita cintai ini. Saat ini beliau berperan aktif di Lembahas baik di provinsi Banten secara khusus dan negara Indonesia secara umum. Dalam pemaparannya, beliau memberi ide dan masukan bagaimana kita dapat berperan aktif dalam mengisi kemerdekaan ini. Materi yang beliau berikan sangat bernilai dan bermanfaat.

Kedua pemateri dipandu oleh Bapak Muhammad Ahsan Tampubolon, S.Pd., M.Pd. Beliau adalah koordinator Bidang Mental Kebangsaan Universitas Pamulang yang berada di Lembaga Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pamulang.

Hadir pada seminar wakil Rektor Universitas Pamulang, Dosen Kemahasiswaan dan Alumni, mahasiswa Program Mahasiswa Mengajar yang berasal dari kampus-kampus lain dari seluruh Indonesia dan para mahasiswa UNPAM yang menjalani Program Pejuang Muda.

Para peserta sadar bahwa Wawasan Kebangsaan dan Bhinneka Tunggal Ika harus tetap ditanamkan dengan baik agar rasa cinta tanah air tidak pernah luntur. Disamping itu, bagi mahasiswa Program Mahasiswa Mengajar, seminar ini merupakan oleh-oleh yang nantinya dapat mereka jadikan pemicu untuk mereka pribadi dan orang sekitarnya akan pentingnya hal tersebut.

Hal menarik pada acara ini adalah pembagian buku karya bapak Dr. Muhammad Wildan, S.S., M.A. bagi penanya terbaik.

Semoga acara seminar atau sejenis dapat dilaksanakan secara berkala untuk meningkatkan rasa memiliki negara Indonesia tercinta ini dan mengisinya dengan hal-hal dan karya-karya yang bermanfaat.

Total Page Visits: 386 - Today Page Visits: 1