Program Penelitian Gugusdepan ke Perguruan Tinggi (UKM Pramuka Racana Universitas Pamulang dan Kwartir Daerah Banten)

KEMAHASISWAAN

Kegiatan Program Penelitian Gugusdepan ke Perguruan Tinggi yang memiliki Gugus Depan se-Banten yang dilaksanakan pada tanggal 27 November 2019 bertempat di kampus Universitas Pamulang Witana Harja.
Kegiatan ini merupakan Program Kerja Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Banten tahun 2019 dalam Pusat Penelitian dan Pengembangan Daerah (Puslitbangda) Banten kepada Gugusdepan Perguruan Tinggal se-Banten dengan komposisi sebagai berikut :
Perguruan Tinggi Negeri : 3 Perguruan Tinggi
Perguruan Tinggi Swasta : 17 Perguruan Tinggi
Jumlah : 20 Perguruan Tinggi

Kedatangan dari Kwartir Daerah Banten disambut oleh Pramuka Racana Universitas Pamulang dan langsung ke ruang LPPM Universitas Pamulang Witana Harja. Kegiatan dibuka oleh Kak Indri Wulandari selaku Ketua Dewan Racana Putri dan dilanjut dengan sambutan atas maksud dan tujuan kunjungan yang disampaikan oleh Kak Deni Wiratna, M.Pd selaku perwakilan dari Kwartir Daerah Banten.

“Penelitan gugusdepan ini adalah program kerja dari kwartir daerah Banten, setelah kemarin di SD, SMP/MTS, SMA/MA, dan sekarang di Perguruan Tinggi. Jumlah dari perguruan tinggi yang diteliti yaitu 20 perguruan tinggi. Dan Racana Unpam merupakan satu satunya racana di Tangsel. Kelanjutan dari penelitian gugusdepan ini akan menjadi bahan kajian dan juga sebagai evaluasi untuk lebih memajukan Pramuka khususnya di Daerah Banten” ujar Kak Deni Wiratna perwakilan dari Kwartir Daerah Banten

Kegiatan dilanjut dengan sambutan penerimaan kunjungan yang disampaikan oleh Kak Dewi Anggraeni selaku ketua gugusdepan racana putri.

“Racana Unpam itu berdiri pada tahun 2015 dan sekarang di tahun 2019 menginjak 4 tahun, jadi masih perlu banyak bimbingan dan juga arahan dari kakak kakak semuanya. Tetapi kami juga sering mengikuti kegiatan baik di kwarcab maupun kwarda” ujar Kak Dewi Anggraeni selaku Ketua Gugusdepan Racana Putri.

Acara dilanjutkan dengan diskusi terkait kepramukaan di Universitas Pamulang. Kami dari dewan racana memberikan laporan tentang kegiatan, keanggotaan, kepengurusan, pendanaan, dll. Dan yang menjadi sorotan dalam diskusi ini adalah pelaksanaan Kursus Mahir Dasar (KMD). Serta terselenggaranya kegiatan Kemah Bakti Milenial (KBM) yang sudah diterapkan di Program Studi PPKn.

“Kegiatan Kemah Bakti Milenial (KBM) ini sudah diterapkan di Program Studi PPKn dan sekarang adalah tahun kedua mengadakan kegiatan ini, pesertanya mahasiswa semester 1, kegiatannya diwajibkan, dan kalau untuk Kursus Mahir Dasar (KMD) kita sudah merancang, mungkin nanti bisa bekerjasama dengan kwarcab” ujar Kak Ruli Hardi selaku Pembina Racana Universitas Pamulang

Acarapun berjalan dengan sangat menyenangkan, karena sesekali diselingi dengan tawa.

“Awal mulanya KBM terlaksana itu aktualisasi dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakulikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar dan Menengah, output dari kegiatan ini agar para mahasiswa PPKn dapat mengetahui pendidikan kepramukaan baik secara praktek maupun teori” tambah Kak Indri Wulandari selaku Ketua Dewan Racana Putri.

Pada akhirnya acara ditutup dengan ramah tamah, pemberian plakat, kunjungan ke sanggar racana, foto bersama dan makan bersama.

Total Page Visits: 191 - Today Page Visits: 1