Prodi Teknik Elektro Raih Juara 3 Perlombaan Inovasi TTG Tingkat Nasional

KEMAHASISWAAN

Alhamdulillah, mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Pamulang (UNPAM) meraih juara 3 dalam perlombaan Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) di tingkat Nasional yang diselenggarakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.  Adapun nama alat yang membuat mahasiswa Prodi Teknik Elektro menjuarai perlombaan TTG Tingkat Nasional itu adalah Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH), yang mana alat tersebut dapat berfungsi sebagai solusi jawaban dari Akademisi Universitas Pamulang Fakultas Teknik Elektro untuk membantu masyarakat perdesaan terpencil agar dapat menikmati dan merasakan cahaya listrik dengan memanfaatkan aliran air sungai yang ada di Wilayah tersebut.

Untuk diketahui, sebelum mengikuti perlombaan TTG tingkat Nasional, mahasiswa Teknik Elektro UNPAM mengikuti perlombaan TTG Tingkat Provinsi Banten dan Tingkat Kota yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana  (DPMP3AKB) Kota Tangsel dan meraih juara 1 yang menjadi modal dasar atau tiket untuk mengikuti ajang lomba TTG ke tingkat Provinsi Banten.

Kegiatan lomba tersebut diikuti sebanyak 25 peserta yang menampilkan 25 inovasi yang terdiri dari Universitas Pamulang, Institut Teknologi Indonesia (ITI Serpong), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Pusyantek, koperasi, UMKM dan lainnya.

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie menjelaskan, pemerintah kota Tangerang Selatan akan terus berupaya mendorong pemanfaatan teknologi dalam rangka mengatasi masalah dan mengembangkan potensi wilayah. Oleh karena itu, inovasi teknologi yang berkembang melalui anak bangsa khususnya di kota Tangerang Selatan dan umumnya di provinsi Banten harus terus dipacu dan dikembangkan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam upaya mengoptimalkan berbagai potensi yang ada.

“Pengembangan teknologi tepat guna ini sangat berguna bagi masyarakat untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, keterampilan serta pemanfaatan potensi sumber daya manusia (SDM). Apalagi dalam menghadapi era globalisasi,” ungkapnya.

Melalui kegiatan Teknologi Tepat Guna ini diharapkan akan mampu menjadi sebuah ajang dalam upaya mempromosikan hasil inovasi dari masyarakat yang memang digunakan untuk kepentingan masyarakat khususnya kota Tangerang Selatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Khairati menjelaskan, lomba ini sebagai bentuk upaya yang strategis dalam menyebarluaskan informasi berbagai teknologi yang dapat memberi nilai tambah kepada masyarakat. Dengan menampilkan berbagai jenis teknologi tepat guna dan produksinya secara visual, sehingga masyarakat memperoleh informasi yang cukup untuk menerapkannya. Kegiatan ini pun untuk menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang perkembangan dan kemajuan teknologi serta manfaatnya dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas produksi diberbagai sektor.

Total Page Visits: 40 - Today Page Visits: 1