PENGARUNGAN DAN PENGABDIAN DIVISI ARUNG JERAM MPA ARCHA BUANA

KEMAHASISWAAN

Pamulang, 23 November 2020, Anggota Madya Mahasiswa Pencinta Alam Archa Buana Universitas Pamulang telah melakukan kegiatan Ekspedisi Pengarungan dan Pengabdian Angkatan XV Cahaya Tirta Salaka pada Senin, 23 November 2020 – Kamis, 26 November 2020. Kegiatan Ekspedisi Arung Jeram ini dilakukan oleh Anggota Madya, yaitu: Panji Adam “Loding” prodi Sastra Indonesia, Rifqi Hilmi Pradana “Bete” prodi Akuntansi dan Nita Yusnamira “Pepi” prodi  Ilmu Hukum didukung oleh Ilman Wijaya Kusuma “Tompe” prodi Sastra Indonesia serta didukung oleh Jepri “Kote” dan salah satu anggota KPA Arkadia UIN Jakarta. Lokasi yang kami pilih untuk kegiatan Ekspedisi tersebut terletak di PLTA Karacak, Leuwiliang, Kab. Bogor, Jawa Barat.

PLTA Kracak

Kegiatan ini dilakukan selama 4 hari, dengan rute dari PLTA Karacak – PDAM Leuwiliang – Sengkol. Dalam Ekspedisi ini kami menggunakan sistem River Camp adalah pengarungan panjang yang memanfaatkan bibir sungai untuk beristirahat atau camping dan kebetulan baru kali pertama menggunakan sistem tersebut Justru karena itu, kami bisa mendapatkan pengalaman dan pelajaran baru dengan menggunakan sistem tersebut.

River Camp Dimulai di dekat PLTA Kracak.

Kami memilih titik start dari bagian hulu Sungai Cianteun PLTA Karacak dengan titik Koordinat BT 106o 64’12” LS 06o 61’64” sedangkan titik  finish Kampung Sengkol dengan titik Koordinat BT 106o 63’07” LS 06o 53’22”. Sungai Cianteun membentang dari beberapa anak sungai kaki Gunung Salak hingga bertemu di muara Sungai Cisadane di daerah Ciarenteun ilir, Cibungbulang – Bogor. Bahkan di sungai Cianteun terdapat juga beberapa satwa lindung seperti monyet abu-abu, sejenis surili (prebytuis aygula), biawak (varanus), burung paruh udang. Sedangkan tumbuhan nya ada pohon kelapa, pohon bambu, sawah, dan banyak pula terdapat kebun warga, dengan tepi sungainya yang berbukit hijau,dan sisi sungai bertebing. Bahkan dihiasi beberapa air terjun besar dan kecil yang tak terlalu tinggi.

Kondisi PLTA Kracak

Ada pula materi yang kami aplikasikan, seperti dayung maju, dayung mundur, pancung kanan, pancung kiri. Selain dayungan ada juga yang namanya aba – aba skipper, pindah kanan, pindah kiri, pindah depan, pindah belakang, boom, self rescue, rescue by rope, resue by man, rescue by boat, kemudian ada flip – flop, read and run dan scouting. Berenang aktif dengan memanfaatkan arus, berenang pasif dengan mengikuti arus sangat penting untuk kita pelajari dan terapkan, karena jika terjadi hal buruk menimpa kita, kita sudah bisa menanganinya atau menyelamatkan diri dengan cara tersebut yang sudah kita dapatkan.

Aplikasi Skipper

Pencarian Data Lebar Sungai

Pencarian Data Kecepatan Arus

Pencarian Data Kedalaman Sungai

Aplikasi Scouting

Pengambilan Sample Air untuk di analisa

Sedang Melakukan Pengarungan

Melakukan Mapping Jalur Sungai

Total Page Visits: 62 - Today Page Visits: 1