Pengamatan Masyarakat Dari Sisi Kebudayaan

KEMAHASISWAAN

Masyarakat termasuk kedalam mahluk sosial yang sering terdapat di suatu lingkungan atau yang sering ditemui, dimana terdapat interaksi antara perorangan ataupun perkelompok. Jika diamati, masyarakat melakukan aktivitas terhadap suatu proses yang berdasarkan pengetahuan yang diketahui sebelumnya, dan sering disebut unsur kebudayaan.

Karna kebudayaan menjadi alat ukur untuk menentukan apa yang harus dan tidak harus dilakukan masyarakat, sehingga mempengaruhi masyarakat dalam menentukan kegiatan dilingkungannya. Penilaian dari sisi kebudayaan bukan hanya dari kebiasaan akan tetapi dari mayoritas masyarakatnya ada 7 unsur yang bersifat universal seperti sistem religi dari upacara keagamaan, organisasi kemasyarakatan, pengetahuan, ekonomi, bahasa, kesenian, dan peralatan hidup.

Pengamatan masyarakat haruslah dilakukan sebelum melakukan kegiatan didaerah sekitar itu seperti halnya yang pertama – tama yaitu lihat lingkungan sekitar dan menyesuaikan ligkungannya, karakteristik warganya, benda – benda sekitar lingkungan, serta kebiasaan masyarakat dari bentuk pengamatan yang dilakukan yang nantinya akan dilakukan sebagai bentuk penyesuaian dan cara berbaur di suatu lingkungan.

Seperti hal nya orang baru yang singgah di suatu lingkungan haruslah mematuhi adat istiadat yang berlaku serta aturan yang harus dipatuhi walaupun berbeda atau bertentangan dengan peraturan –peraturan di tempat awal dia singgahi, tapi itulah namanya mengormati dengan sopan dan santun jika ada disuatu lingkungan masyarakat dari sisi kebudayaanya.

 

DiktatLingkunganHidup.arcabunana-2018

Editor : Maemunah “Kaling”

EkapedisiSosialBudayaMPAArchaBuana.DesaBaliAga.2017

EksploreBaduyDalam.2014

 

Total Page Visits: 523 - Today Page Visits: 3