Pendalaman Materi angkatan XVII Baswara Giri

LEMBAGA KEMAHASISWAAN & ALUMNI (LKA)

Pamulang, 9 Juli 2022 – Pendalam Materi 4 Divisi Mahasiswa Pecinta Alam Archa Buana.

Archa Buana merupakan organisasi mahasiswa pecinta alam di Universitas Pamulang. Dalam proses menjadi anggota penuh di MPA Archa Buana ini harus mengikuti beberapa jenjang pendidikan, salah satunya adalah Pendalaman materi.

Pendalaman materi tahun ini dilakukan oleh angkatan Baswara Giri Dimana kegiatan tersebut melibatkan 3 lokasi berbeda yang diperuntukan untuk setiap divisinya. 16 Anggota Muda yang diantaranya dari 4 divisi yaitu Divisi Gunung Hutan, Divisi Panjat Tebing, Divisi Lingkungan Hidup, dan Divisi Arung Jeram. Masing-masing divisi melakukan pendalaman materi ditempat yang sudah ditentukan dari masing-masing Koordinator Divisi.

Panjat Tebing atau yang dikenal dengan Rock Climbing merupakan salah satu dari sekian banyak olahraga alam bebas dan merupakan salah satu bagian dari mendaki gunung yang tidak bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki melainkan harus menggunakan peralatan dan teknik-teknik tertentu untuk bisa melewatinya. Dan Rock Climbing merupakan salah satu divisi yang ada di Mapala Archa Buana Universitas Pamulang. Pendalaman Materi yang dilakukan oleh Divisi Rock Climbing kemarin berlokasi di Tebing Arpam yang bertempat di Desa Sedanglengo RT. 40/02, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor .

Pada kegiatan Pendalaman Materi kemarin, mereka mengaplikasikan materi yang didapat saat materi kelas yang biasa dilakukan di Sekretariat MPA Archa Buana. Dari tanggal 26 Juni hingga 27 Juni 2022 Anggota Muda divisi panjat tebing melakukan pengaplikasian berupa Top Rope, Sport Climbing, Vertical Rescue, Mapping Jalur, Artificial Climbing, Flying Camp, dan Hanging Belay.

Kemudian dari Divisi Gunung Hutan dan Lingkungan Hidup yang melakukan Pendalaman Materi ditempat yang sama yaitu di Gunung Paseban tepatnya Kp. Paseban Rt.04/Rw.05 Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Namun, meski tempat yang digunakan untuk melakukan Pendalaman Materi itu sama, pengaplikasian yang mereka lakukan tetap berbeda. Mereka mengaplikasikan sesuai dengan yang mereka pelajari masing-masing saat materi kelas.

Untuk Divisi Gunung Hutan sendiri, mereka melakukan aplikasi Resection, Intersection, Halang Rintang, Mobile Transit, dan Bikin Api. Sementara dari Divisi Lingkungan Hidup, mereka melakukan aplikasi Analisa Vegetasi, dimana dalam pengaplikasiannya menggunakan 3 metode yaitu Line Intercept, Transek, dan Kuadran. Bukan hanya itu, Divisi Lingkungan Hidup juga melakukan kegiatan pendalaman materi lainnya seperti Analisa Air, Herbarium, Resection, dan juga Sosialisasi Pedesaan.

Dan selanjutnya dari Divisi Arung Jeram yang melakukan Pendalaman Materi di 3 titik tempat, yang bermula di  PLTA Kracak tepatnya di Jl. Moh Nur, Desa Kracak, Kec. Leuwiliang, Kab. Bogor, Jawa Barat. Setelah itu menuju lokasi pengarungan yang berada di Kp. Batu Belah, Rt 04 Rw 06 Desa. Situ Udik, Kec. Cibungbulang, Kab. Bogor, Jawa Barat. Dan titik terakhir yang digunakan sebagai river camp berlokasi di  Jl. Moh Nur, Kp. Saninten, Rt 004/ Rw 011 Desa Barengkok, Kec. Leuwiliang, Kab. Bogor, Jawa Barat.

 

Pengaplikasian yang dilakukan  yaitu Rescue by Boat, Rescue by Man, Self Rescue, Dayungan Awak, Dayungan Skipper, Mapping, Mengukur lebar sungai, Mengukur kemiringan sungai, River Camp, Safety Camp, Resection, dan terakhir Lining.

Dari beberapa kegiatan Pendalaman Materi yang dilakukan oleh para Anggota Muda Mapala Archa Buana. Kegiatan Sosialisasi Pedesaan juga merupakan salah satu targetan dari kegiatan Pendalaman Materi ini, hal itu dilakukan dengan tujuanemberikan pemahaman kepada setiap Anggota Muda terhadap perkembangan desa ataupun kondisi masyarakat yang ada didesa tersebut dan juga melatih para Anggota Muda untuk memberikan kontribusi nyata dalam proses penyelesaian masalah yang ada dipedesaan.

Dengan adanya kegiatan Pendalaman Materi yang dilakukan secara serentak, diharapkan untuk para Anggota Muda untuk bisa memanfaatkan ilmu yang sudah didapat. Dan bukan hanya itu saja, namun juga berharap bisa mengimplementasikannya di setiap kesempatan yang ada.

 

Salam Lestari, Archa Buana, Jaya !!!

 

Total Page Visits: 93 - Today Page Visits: 3