MPA ARCHA BUANA TURUN MEDAN ARUNG JERAM SUNGAI CITARIK SUKABUMI

KEMAHASISWAAN

Sukabumi, (16-11-2019)  MPA Archa Buana melakukan turun medan arung jeram di Sungai Citarik Sukabumi, sungai Citarik Sukabumi merupakan kawasan yang memiliki daya tarik wisata air yang cukup menantang ini masuk pada grade IV, dengan panorama alam yang cukup eksotis. Ada berbagai pilihan jarak tempuh yang bisa anda pilih: 5 KM, 9 KM, 12 KM. Tim Archa Buana melakukan Perjalanan 5 KM, Sungai ini terletak di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Cikidang Sukabumi.

Tim Archa Buana yang melakukan turun medan arung  jeram adalah Ilman Wijaya Kusuma (Tompe), Jepri (Kote), Riki Ramadhan (Lesgo), Andika Fitrianto ( Gater), Ilham Darmawan Arubone (Kemon), Afrinalreza Utomo (Bega). Tim melakukan pembacaan jalur  dan jeram atau biasa disebut dengan Scouting , sebagai acuan sebelum melakukan pengarungan. Dalam Scouting yang sudah dilakukan kondisi debit air tidak berada dalam titik normal, dikarenakan curah hujan di daerah sungai Citarik yang kurang belakangan ini.

Dalam Pengarungan tim melalui beberapa Jeram, Jeram yang terkenal ada Jeram Bali Dan Jeram Kepala Kelapa. Dinamakan Jeram Bali karena dahulu kala banyaknya pengunjung arung jeram sehingga tim operator sekitar kekurangan Skipper atau pemandu perahu, kemudian Skipper tersebut didatangkan dari Bali 10 orang, setelah didatangkan, mereka mengarung dengan tamu, kemudian Skipper tersebut berhasil melewati jeram yang belum pernah berhasil dilewati oleh tim sekitar, lalu dinamain jeram Bali oleh tim Skipper dari Bali. Kemudian kenapa dinamakan Jeram Kepala Kelapa dikarenakan di Jeram tersebut ada Hole (Lubang) ditengah Jeram. Bila debit air sedang diatas normal, tidak ada yang berhasil melewati Jeram Tersebut, Karena Hole tersebut menyerupai kepala kelapa.

Tim di Jeram

 

Created : Ilham Darmawan Arubone (Kemon)

Total Page Visits: 310 - Today Page Visits: 1