Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Unpam Adakan Webinar

LEMBAGA KEMAHASISWAAN & ALUMNI (LKA)

Pamulang – Pada saat persiapan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, pemerintah Indonesia membentuk Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) pada 1 Juni 1945. Para Bapak Bangsa disebut juga sebagai the founding fathers menjadi tokoh perumus Pancasila. Ketiganya adalah anggota BPUPKI yaitu Muhammad Yamin, Soepomo dan Soekarno.

Hari Kesaktian Pancasila dimaknai sebagai semangat untuk membangun kembali jati diri bangsa dan mengembalikan Pancasila dan UUD Tahun 1945 sebagai dasar Negara dan menjadi sumber hukum yang mengatur masyarakat Indonesia dalam kehidupan bernegara. Sejak masa pemerintahan Orde Baru, Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Hari Kesaktian Pancasila diatur dalam Surat Keputusan Menteri/ Panglima Angkatan Darat pada 17 September 1966. Hal ini tidak lepas dari peristiwa Gerakan 30 September 1965 oleh PKI yang menyebabkan 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD gugur.

Hari ini, pada 29 September 2021 Universitas Pamulang yang diprakarsai oleh Dr. M. Wildanm, S.S., M.A. sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan menyelenggarakan Webinar dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Webinar bertemakan “Peran Mahasiswa di Era Disrupsi”.

“Webinar diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kembali semangat kebangsaan dan membangun jati diri bangsa dengan Pancasila sebagai dasar negara,” Dr. M. Wildan, S.S., M.A. menekankan pada sambutannya.

Dr. E. Nurzaman A.M., M.M., M.Si. menambahkan, “kita dihadapkan dengan era disrupsi, dimana harus memiliki jati diri yang kuat agar tidak tergerus oleh zaman.”

Sebanyak 1.203 peserta mendaftar kegiatan webinar. Narasumber yang ahli pada bidangnya dihadirkan pada acara ini. Dr. Susan Fitriasari, M.Pd., Kaprodi FKIP Universitas Pendidikan Indonesia sebagai narasumber Nilai-nilai Dasar Bela Negara” dan Amanudin, S.Pd., M.M., dosen Universitas Pamulang sebagai narasumber pada materi “Generasi Milenial dan Perannya dalam Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila.”

Acara ini adalah rangkaian dari berbagai kegiatan yang diadakan oleh Bidang Kemahasiswaan Universitas Pamulang dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Acara akan berlanjut dengan Upacara Pengibaran Bendera pada hari Jumat, 01 Oktober 2021.

Total Page Visits: 170 - Today Page Visits: 1