KPK Fest’2020

LEMBAGA KEMAHASISWAAN & ALUMNI (LKA)

Dalam proses pendidikan tugas utama dosen adalah mengajar, sedangkan tugas utama mahasiswa adalah belajar. Keterkaitan antara belajar dan mengajar itulah yang disebut dengan pembelajaran. Magang / latihan kerja adalah bentuk dari kegiatan belajar yang dilaksanakan atas saran dari dosen, selanjutnya disebut pengajar. Di sini peran pengajar sebagai motivator yang ditujukan kepada mahasiswa. Tujuannya tidak lain agar mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan mata kuliah yang telah diambilnya. Agar tujuan tersebut dapat terwujud, mestinya dalam kegiatan pembelajaran menggunakan berbagai sumber. Kerjasama antara lembaga pendidikan dengan masyarakat maupun lembaga lain perlu dilakukan, semata-mata untuk meningkatkan kualitas lulusan. Hal tersebut terkait dengan keterbatasan dosen / pengajar hanya membuat rencana kegiatan di kelas saja. Artinya dosen hanya menyampaikan materi kepada mahasiswa di kelas saja. Misalnya dengan ceramah, memberikan tugas serta mengadakan ujian. Selayaknya ilmu atau teori-teori yang disampaikan oleh dosen di kelas, bisa diterapkan di lapangan.

Mahasiswa harus dapat membandingkan dengan pelaksanaan di lapangan. Caranya dengan mengadakan kegiatan magang / latihan kerja. Artinya kegiatan pembelajaran mestinya tidak hanya dilakukan di dalam ruangan kelas, tetapi juga dapat dilakukan di luar kelas. Strategi yang dapat dilakukan oleh dosen untuk mengetahui apakah materi yang diajarkan kepada mahasiswa sudah sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Strategi tersebut  antara lain melakukan evaluasi kegiatan pengajaran yang telah dilakukan oleh dosen, caranya yaitu memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan magang / latihan kerja. Dengan kegiatan magang  dapat diperoleh informasi yang sekiranya dapat digunakan sebagai bahan perbaikan dalam kegiatan pengajaran yang akan datang.

Pelaksanaan kegiatan magang tersebut tidak serta merta dapat langsung dilaksanakan. Perlu dilakukannya pembekalan kepada mahasiswa agar dapat mempersiapkan diri semaksimal mungkin.  Disinilah peran Universitas untuk memberikan kemampuan-kemampuan dasar kepada para mahasiswa.  Berdasarkan hal tersebut diatas, maka sebagai bentuk tanggung jawab Bidang Kemahasiswaan dan Kealumnian bermaksud melakukan sebuah rangkaian kegiatan yang bertajuk “ KPK Fest’2020” dengan tema “Trilogy of College Student” yaitu sebagai seorang mahasiswa setelah mendapatkan teori-teori dikelas layaknya mereka juga mendapatkan pengetahuan mengenai 3 hal yaitu :  Psikotest, Pelatihan dan Karier” dimana 3 hal tersebut harus dilakukan  sebelum melakukan kegiatan magang.

Tujuan dilaksanakannya rangkaian kegiatan ini adalah untuk menarik minat mahasiswa dalam kegiatan magang , meningkatkan pengetahuan serta mempersiapkan kebutuhan mahasiswa dalam memenuhi persyaratan yang dibutuhkan pada saat  melakukan magang. Sasaran dilaksanakannya kegiatana “KPK FEST’2020” yaitu Mahasiswa yang tergabung Himpunan Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa, dan mahasiswa penerima beasiswa serta mahasiswa berprestasi pada 15 program studi yang ada di Universitas Pamulang.

Total Page Visits: 368 - Today Page Visits: 1