Kemah Budaya Pramuka Se-Jawa (KBPJ)

KEMAHASISWAAN

   

Pementasan tari tradisional DIY di ampli teater Embung Nglanggeran dan Jelajah Candi 

 

Kegiatan Kemah Budaya Pramuka se-Jawa yang dilaksanakan di bumi perkemahan candi prambanan. Kegiatan KBPJ 2019 dititikberatkan pada luru ilmu dan liru kawruh dalam bidang kebudayaan. KBPJ 2019 menggunakan beragam metode sehingga peserta dapat memahami,  merasakan, dan menjalani berbagai kegiatan budaya dengan mengapresiasi adat istiadat dan berkesenian. Seluruh kegiatan tersebut dikelompokkan menurut jenisnya agar peserta mendapatkan pengalaman budaya yang beragam.

 

 

Stand Kuliner Kwartir Daerah Banten dan Belajar cara membatik topeng

 

Kegiatan ini diantaranya adalah karnaval budaya, festival kuliner, pentas budaya, jelajah candi. Giat sub camp : keterampilan tradisional, permainan tradisional diy, bakti dan kearifan lokal. Giat wisata : gedung Agung, Benteng vredeburg, keraton Yogyakarta, masjid gedhe kauman, museum sonobudoyo. Giat malam : sarasehan keistimewaan, wawasan kebangsaan, dan pemutaran film.

Tujuan dari kegiatan ini adalah
1. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman lintas budaya tradisional,
2. Memberikan pengalaman nyata melalui praktik lintas budaya,
3. Mengasah kemampuan mengapresiasi seni dan budaya daerah;
4. Meningkatkan kapasitas mengelola kemah budaya skala regional.

Pentas Seni Kwartir Daerah Banten

 

Dari Pramuka Racana Universitas Pamulang berperan aktif dalam kegiatan tersebut mulai dari memberikan pengetahuan tentang makanan khas daerah Banten, turut serta dalam tari tradisional Banten jawara, dll. Di kegiatan tersebut juga ada shareing session bersama racana perguruan tinggi se – Jawa seperti Universitas Airlangga, STKIP PGRI Sumenep, PGRI Wates Yogya, dll.

Kak Indri Wulandari selaku perwakilan Pramuka Racana Universitas Pamulang 

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan anggota Pramuka dapat meningkatan kesadaran akan budaya daerah sendiri dan budaya daerah lain, menghayati terhadap makna keanekaragaman budaya Indonesia, menumbuhkan komitmen untuk mengembangkan budaya daerah dan kearifan lokal, serta menguatkan budaya daerah sebagai akar budaya nasional.

Total Page Visits: 161 - Today Page Visits: 1