PRESTASI TINGKAT NASIONAL

KEMAHASISWAAN

LOMBA ESSAY TINGKAT NASIONAL PERGURUAN TINGGI

HIMATIKA UNIVERSITAS PAMULANG, 22 FEBRUARI 2020

Dalam rangka mengembangkan kemampuan dan bakat mahasiswa dalam menyampaikan Pemikiran atau pendapat melalui karya tulis, Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Universitas Pamulang mengadakan acara Lomba Penulisan Esai Tingkat Nasional Perguruan Tinggi pada Sabtu, (22/02/2020) dengan tema “Matematika, Sains, Tecnology, Statistika” dalam rangkaian acara “Math Revolution 2020”. Acara ini diselenggarakan di aula lt. 11 Gedung Viktor Universitas Pamulang. Acara pun dihadiri oleh Wildan selaku Wakil Rektor III Universitas Pamulang, Syaiful Bakhri selaku Dekan Fakultas Teknik dan Mipa, Yuli selaku Kaprodi Mipa, Para juri yang terdiri dari Ridlo, Syaiful Bakhri, dan Dadang, Hima dan UKM serta tamu undangan.

Karya tulis tercipta melalui pemikiran-pemikiran dari para mahasiswa yang menjadi wadah terbentuknya karakter bangsa atas respons positif dalam bakat menulis. Lomba ini diikuti oleh 32 tim yang terdiri dari beberapa Universitas di Indonesia di antaranya Universitas Brawijaya, Unpad, Undip, UII, Unnes, Unpam, UGM, Untirta, ITB, IPB, dan lainnya.

Pada sambutannya Wildan mengatakan “Terimakasih saya ucapkan kepada Himatika yang telah mengadakan acara ini dengan sukses, selamat berkompetisi bagi para peserta” ucapnya, “acara seperti inilah yang bisa membantu pemeringkatan perguruan tinggi” lanjut Wildan selaku Warek III.

Para peserta yang masuk babak final terdiri dari 6 tim, ke enam tim ini mempresentasikan hasil karya tulisnya dengan sangat bagus. Semua finalis memiliki banyak inovasi dalam penelitiannya.

Antusias para peserta dalam mengikuti lomba esai sangat luar biasa, mereka juga menyampaikan kesan dan pesan untuk acara ini. Sabil Rosidin mengatakan “saya senang sekali,  karena dalam memberikan fasilitas sangat bagus, mungkin lebih ditingkatkan follow up di pesertanya. Dan memberikan informasi secepat mungkin” ucapnya.

Muhammad Sansun Arif pun memberi celoteh “Senang bisa berkumpul dengan universitas-universitas lain..  Semoga himatika bisa melaksanakan acara yang lebih besar lagi dari ini” harapnya.

Peserta juga berterima kasih kepada dewan juri yang telah mengoreksi esai para peserta.

Dewan juri juga memberikan wejagan bbagi para peserta. Ridlo menyampaikan bahwa “idenya sangat bagus.  Masukan kedepannya adalah melakukan study banding dengan univ lain untuk melihat sejauh mana pemikiran yang harus dikembangkan”.

Syaiful Bakhri menambahkan “Latar belakang yang di ambil harus kuat.  Harus masuk akal.  Tdk hanya untuk menampilkan sesuatu yg wah.  Tapi harus masuk akal juga. Dalam inovasi pun harus inovasi yg bermanfaat.  Silahkan gali terus.  Wujudkan inovasinya. “  ucap Syaiful selaku Juri 2.

Dadang sebagai juri 3 pun tak ingin melewatkan pesannya untuk para peserta “Teman-teman harus yakin dengan inovasinya agar tidak stak disini.  Ketika presentasi harus lebih menguasai panggung dan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Semua sudah saangat luar biasa.  Cara berfikir mahasiswa harus eksekusi dulu,  kemudian evaluasi pasti nanti ada solusi.” Kata Dadang.

Acara ditutup dengan pembagian hadiah. Untirta  berhasil menjadi juara 1 pada lomba esai tingkat perguruan tinggi pada kesempatan ini. Acara ini juga disuguhi dengan penampilan menyanyi dari perwakilan anggota himatika Unpam.

Total Page Visits: 99 - Today Page Visits: 2