KEBERSAHAMAN (Sharing Session) Galeri Investasi Universitas Pamulang 24 April 2022

LEMBAGA KEMAHASISWAAN & ALUMNI (LKA)

KEBERSAHAMAN : Investasi Seharga Beli Takjil. Pada hari Minggu, 24 April 2022 telah dilaksanakannya salah satu kegiatan rutin yang merupakan program dari Galeri Investasi Universitas Pamulang yaitu Kebersahaman.

Kebersahaman merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa dalam berinvestasi di pasar modal, khususnya investasi saham. Kegiatan ini diadakan secara online melalui Live Instagram Galeri Investasi Universitas Pamulang dengan mengajak para followers di akun instagram @gi.unpam, yang terdiri dari mahasiswa Universitas Pamulang maupun mahasiswa lainnya untuk mengikuti kegiatan Kebersahaman atau sharing session ini dengan lebih santai dan fleksibel.

Kegiatan Kebersahaman kali ini bertepatan dengan bulan Ramadhan, sehingga tema dari kegiatan ini yaitu “Investasi Seharga Beli Takjil”. Maknanya adalah mematahkan stigma orang-orang mengenai investasi yang biasa dikenal dengan kata mahal dan bermodal besar. Pada zaman millenial ini, semua bisa berinvestasi dengan modal yang sedikit, contohnya seharga membeli beberapa menu takjil untuk berbuka.

Melalui live instagram Galeri Investasi Universitas Pamulang atau @gi.unpam, kegiatan ini cukup banyak diminati karena telah disaksikan oleh lebih dari 20 orang pada saat acara mulai hingga selesai. Acara dimulai pada pukul 16.00 dan berlangsung selama kurang lebih 1 (satu) jam.

Kegiatan ini dipandu oleh Kak Rosemary Dwi Herliza sebagai moderator, yang merupakan Ketua Divisi Riset dan Penelitian Galeri Investasi Universitas Pamulang dan menampilkan 2 (dua) orang narasumber yang ahli di bidang pasar modal, yaitu :

  1. Kak Febry Teguh Pratama S.Ak. (Alumni Galeri Investasi UNPAM 2019)
  2. Kak Moh. Khaerul Anwar Maulana (Alumni Galeri Investasi UNPAM 2022)

 

 

Berikut dokumentasi kegiatan Kebersahaman pada tanggal 24 April 2022 :

Gambar 1.

Penyambutan dan Perkenalan Narasumber : 

  1. Kak Febry Teguh Pratama S.Ak. (Alumni Galeri Investasi UNPAM 2019)
  2. Kak Moh. Khaerul Anwar Maulana (Alumni Galeri Investasi UNPAM 2022)

 

Gambar 2.

Sharing Session dari Narasumber :

  1. Kak Febry Teguh Pratama S.Ak. (Alumni Galeri Investasi UNPAM 2019)
  2. Kak Moh. Khaerul Anwar Maulana (Alumni Galeri Investasi UNPAM 2022)

 

Dalam sharing session kali ini kak Febry menyampaikan bahwa menurutnya, investasi saham dapat memberikan keuntungan jangka panjang yang lebih tinggi dibanding dengan produk investasi lainnya seperti reksadana, ataupun obligasi. Selain itu, kak Febry juga berpendapat bahwa investasi saham dapat meminimalisir resiko yang mungkin dapat terjadi. Kak Febry memiliki kutipan tersendiri yang dapat dijadikan acuan yaitu “High Knowledge High Return”, artinya semakin banyak pengetahuan dan ilmu tentang saham, maka semakin besar pula keuntungan yang kita dapatkan.

Sedangkan menurut kak Anwar, alasannya untuk memilih investasi saham yaitu karena mudah dipelajari melalui berbagai sumber, contohnya di social media. Selain itu, investasi saham memiliki resiko yang tidak terlalu besar jika mempelajarinya dengan baik, seperti mengatur portofolio sesuai dengan diri sendiri dan kekuatan mental yang dimiliki. Kak Anwar berpendapat bahwa murah atau mahalnya harga saham itu relatif, sesuai dengan kemampuan keuangan pribadi masing-masing. Kak Anwar memegang prinsip 3M yaitu Mindset, Money Management dan Mentor.

 

Gambar 3.

Tanya Jawab Bersama Penonton dan ditanggapi oleh Narasumber :

  1. Kak Febry Teguh Pratama S.Ak. (Alumni Galeri Investasi UNPAM 2019)
  2. Kak Moh. Khaerul Anwar Maulana (Alumni Galeri Investasi UNPAM 2022)

 

Inti dari sesi tanya jawab kali ini, kak Febry menjelaskan bahwa jika ingin berinvestasi saham disuatu perusahaan, maka kita harus melihat produk atau bisnis usaha yang cemerlang pada perusahaan tersebut. Kak Febry dan kak Anwar juga berpesan kepada investor pemula, lebih disarankan untuk membeli saham dengan jumlah lot yang kecil. Selain itu juga harus memiliki mindset dan psikologis yang terkontrol dengan baik. Memiliki trading plan juga sangat penting demi meminimalisir resiko yang dapat terjadi.

Menjadi investor sejak dini tentunya sangat berguna untuk masa yang akan datang, terlebih lagi jika portofolio yang kita miliki nantinya mampu membawa kita ke masa depan cemerlang. Maka dari itu, Galeri Investasi Universitas Pamulang berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan semangat para mahasiswa atau kalangan muda lainnya untuk berinvestasi, meskipun keadaan saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19. Karena investasi itu penting dan harus dipelajari dengan baik sejak dini. Seperti kutipan milik Carlos Slim “Siapa pun yang tidak berinvestasi sekarang kehilangan kesempatan besar.

 

Total Page Visits: 10 - Today Page Visits: 1