HIMA FH Optimalkan Produktivitas Pemuda Desa Ciburayut Melalui Aquaponik

LEMBAGA KEMAHASISWAAN & ALUMNI (LKA)

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Hukum Universitas Pamulang (Unpam) terus mengoptimalkan produktivitas pemuda Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Selama dua pekan, para mahasiswa Unpam yang terhimpun dalam HIMA Hukum Unpam bersama pemuda setempat melakukan produktivitas menanam dengan sistem aquaponik dan budidaya ikan lele.

Program PHP2D HIMA FH Universitas Pamulang adalah berinovasi dengan membuat Tanaman Aquaponik. Aquaponik merupakan gabungan dari sistem Hidroponik dan budidaya ikan. Dalam PHP2D ini tanaman aquaponik yang ditanam adalah sayuran kangkung yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat desa dengan jarak waktu panen yaitu sekitar 14 hari dan dapat menghasilkan sekitar 20 ikat kangkung dalam sekali panen. Budidaya ikan yang dilakukan adalah budidaya ikan lele yang bertujuan untuk membantu menambah perekonomian masyarakat. Untuk panen lele siap jual dibutuhkan waktu sekitar 3 bulan.

Kegiatan mahasiswa di Desa Ciburayut merupakan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) untuk mengoptimalkan Sumber Daya Manusia di Desa Ciburayut.

Ketua Tim PHP2D HIMA Hukum Unpam, Rajib mengatakan, tim PHP2D dengan pemuda Desa Ciburayut menanam dengan sistem aquaponik dan budidaya ikan lele, lantaran biaya yang minim dan perawatan yang mudah. Sehingga, nantinya pemuda dapat terus produktif dengan biaya yang rendah.

“Alasan kita memilih sistem aquaponik karena aquaponik perawatannya lebih mudah dibanding hidroponik, dan budidaya lele adalah suatu support system untuk suburnya tanaman di aquaponik,” katanya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Ciburayut, Kang Yayat mengungkapkan, program yang HIMA Hukum Unpam dapat menjadi kegiatan yang berkelanjutan dan menjadi nilai positif bagi warga Desa Ciburayut.

“Semoga dengan adanya kolam lele dan aquaponik ini bisa menjadi wadah kegiatan positif dan meningkatkan semangat serta pengetahuan bagi pemuda Desa Ciburayut,” ungkapnya.

perkembangan aquaponik setelah 2 minggu

Total Page Visits: 83 - Today Page Visits: 2