Cerita Mahasiswa Unpam yang Lolos Tahap 1 dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional 2020

KEMAHASISWAAN

Pamulang – Unpam secara berkesinambungan terus mendorong mahasiswanya untuk berprestasi. Hal tersebut sebagai salah satu indikator visi misi Unpam untuk menjadi Perguruan Tinggi yang masuk peringkat 40 besar di tingkat Nasional. Pada kesempatan kali ini, Unpam berhasil kirim perwakilan mahasiswanya lolos tahap 1 dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi di Tingkat Nasional (Pilmapres). Pilmapres sendiri merupakan kegiatan yang sangat strategis dan komprehensif untuk menghasilkan mahasiswa yang memiliki daya saing dan karakter yang unggul. Mahasiswa yang lolos ke tahap dua, merupakan mahasiswa yang lolos test berdasarkan nilai CBT Wawasan Kebangsaan dan Bahasa Inggris yang telah dilakukan pada hari Kamis tanggal 2 Juli 2020 dan isian borang portofolio yang sudah disediakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

Dari jumlah 464 mahasiswa  di seluruh Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia, sebanyak 174 mahasiswa lolos ke tahap beikutnya yang terdiri dari 64 mahasiswa dari program Diploma dan 110 mahasiswa dari program Sarjana. Vanial, Salah satu mahasiswi S1 Pendidikan Kewarganegaraan menjadi mahasiswa yang lolos pada tahap ini.

“Alhamdulillah bersyukur banget bisa lolos tahap 1, karena saingannya juga lumayan banyak. Ada sekitar 600an mahasiswa di seluruh Indonesia menjadi 100an mawapres yang bertahan” Paparnya.

Pengumuman Peserta Pilmapres Tahap 1

Selanjutnya, Vanial menceritakan proses test pada tahap 1 itu terdiri dari test CBT wawasan kebangsaan dan bahasa Inggris dan mengisi portofolio.

“Alhamdulillah bisa menguasai wawasan kebangsaan, karena memang sehari-hari belajar hal itu di kampus dan bahasa Inggris juga mudah karena hanya bernalar saja bukan test berat kaya TOEFL atau IELTS. Tapi kedua test ini juga butuh kehati-hatian karena jawabannya hampir mirip, mengasah pengetahuan, dan juga potensi diri karena ini bentuknya kaya test psikotest. Juga di tahap 1 ini mengisi portofolio data diri dan prestasi akademik maupun non akademik yang saya punya. Alhamdulillah keisi 10 bagian yang harus diisi dan semuanya berbobot nilai yang lumanyan besar” Ungkapnya.

Banyak pihak yang mendukung atas terpilihnya Vanial ke tahap selanjutnya.

“Ini juga berkat dukungan doa orang tua, para pelatih, sahabat-sahabat, bahkan doa dan dukungan penuh dari dosen PPKN khususnya dan Unpam. Juga kaprodi PPKn pak Alinurdin dan Warek III pak  Wildan serta Bu Derita benar-benar mensupport saat test CBT ini karena menemani saya dari pagi sampe sore, tapi tetap membuat saya fokus untuk mengerjakan soal. Banyak dosen juga yang menawarkan bantuan jika saya ada kendala jadi saya sangat bersyukur banget bisa di support dan bangga jadi keluarga besar Unpam”

Daftar Nama Sebagian Mahasiswa yang Lolos

Vanial menceritakan terkait bentuk  test pada tahap berikutnya bagi peserta yang lolos tahap 1.

“Selanjutnya test paling sulit menurut saya, yaitu essay karena disinilah kemampuan saya dituntut harus tercapainya SDGs (Sustainable Development Goals.) di mana akan mengubah Indonesia kearah yang lebih baik kedepannya. Essaynya juga harus dipresentasikan dalam bentuk bahasa Inggris dan di pertontonkan di depan dewan juri maupun mawapres dari Universitas lainnya. Jadi saya harus terbiasa berkomunikasi dengan bahasa Inggris dan mengutarakan pikiran saya untuk kemajuan Indonesia. Setelah ini ada proses lanjutan di mana pemikiran saya nanti akan dikaji dan diterapkan untuk Indonesia. Proses ini harus saya lalui sampai 12 September nanti” Ceritanya.

Terakhir, harapannya hanya ingin memberikan yang terbaik untuk lembaga yang memberikannya kesempatan untuk menempuh Pendidikan Tinggi.

“Harapannya saya ga muluk-muluk sih, saya cuman pengen memberikan yang terbaik semaksimal mungkin untuk Unpam. Kalau bisa ya untuk kemajuan Indonesia. Khususnya bidang pendidikan, karena saya akan mengangkat tema tersebut. Saya ga mentargetkan akan juara berapa, tapi saya berharap bisa jadi 10 besar agar Unpam bukan hanya dikenal sebagai Universitas paling murah se-Indonesia, tapi juga Universitas yang juga mempunyai prestasi, kredibel yang bisa berkompetitif dengan Universitas bergengsi lainnya kaya PTN atau PTS mahal” Papar Mahasiswi semester 4 tersebut.

Sukses ya Vanial! (ZN)

Total Page Visits: 131 - Today Page Visits: 2