Berita Acara Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi Hima Peko

LEMBAGA KEMAHASISWAAN & ALUMNI (LKA)

Berita Acara Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi Hima Peko

Kegiatan latihan dasar kepemimpinan organisasi yang telah dilaksanakan pada hari sabtu, minggu tanggal 7-8 November 2021 yang bertempatkan di kampus Witana Harja Universitas Pamulang. Alhamdulillah terlaksana dengan baik dan lancar. Kegiatan ini merupakan program kerja dari Organisasi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang. Kegiatan ini melibatkan peserta semester 1-5 mahasiswa prodi pendidikan ekonomi dan di ikuti oleh 32 mahasiswa prodi pendidikan ekonomi sebagai peserta, 26 anggota himpunan mahasiswa sebagai Panita LDKO, 17 undangan eksternal (Himpunan Mahasiwa lain), Warek III Bidang kemahasiswaan dan Kealumnian Bapak Dr. Muhammad Wildan, S. S., M. A., Bapak Saiful Anwar, S.Pd., M.Pd selaku ketua program Studi Pendidikan Ekonomi, Bapak Heri Indra Gunawan, S.Pd., M.Pd selaku Pembina Himpunan mahasiswa pendidikan ekonomi, Ibu Fika Rahmanita, S. Pd., M,M. selaku dosen bidang kemahasiswaan program studi pendidikan ekonomi, Bapak Badrus Sholeh, S.Pd., M.Pd. Bapak Delyuzar Syamsi, S.E, M. BA, Bapak Lollong Manting, S.S., M.M selaku pemateri, dan beberapa undangan demisioner dan eksternal dari himpunan mahasiswa.

Latihan dasar kepemimpinan organisasi ini dilaksanakan dengan tujuan dimana mahasiswa dan pengurus harian himunan mahasiswa (HIMA) akan dibekali materi-materi, seperti materi Leadership, Psikologi Organisasi, Penyuratan, Teknik Persidangan dan kewirausahaan sebagai dasar mereka dalam berorganisasi, serta kegiatan-kegiatan yang dapat mengasah dan mengembangkan jiwa kepemimpinan mahasiswa.  Harapannya dengan diadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi anggota Himpunan Mahasiswa (HIMA) dapat mengenal lebih jauh tentang organisasi sekaligus mampu merencanakan serta menjalankan semua program-program dalam organisasi sebagaimana mestinya.

 

Apel pembukaan Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi di laksanakan pada hari sabtu tanggal 6 November 2021 pada Pukul 07.00Am, kegiatan latihan daasar kepemimpinan ini resmi di buka oleh Bapak Dr. Muhammad Wildan, S. S., M. A., sebagai warek III Bidang kemahasiswaan dan Kealumnian. Kemudian setelah apel dilaksanakan mahasiswa peserta LDKO di arahkan ke ruang materi untuk diberikan pengarahan oleh Bapak Heri Indra Gunawan S. Pd., M. Pd. Dan Ibu Fika Rahmanita S.Pd., M.M.

 

 

 

 

 

 

Setelah pengarahan dari Bapak Heri Indra Gunawan S. Pd., M. Pd. Dan Ibu Fika Rahmanita S.Pd., M.M. Kemudian peserta diberikan materi oleh Bapak Delyuzar Syamsi, S.E, M. BA tentang Leadershif selama 2 jam kemudian peserta melakukan isoma dan dilanjutkan dengan materi ke dua tentang Psikologi oleh Bapak Lollong Manting, S.S., M.M. Setelah materi ke dua selesai peserta di berikan kesempatan untuk menunjukan yel-yel terbaik dari setiap kelompoknya, dan ice breaking.

Kegiatan LDKO di hari ke dua di mulai pada pukul 06.00 di awali dengan kegiatan olahraga pagi dan games yang terdiri dari game balon, jaga lilin, pipa bocor, Dengan agenda game ini dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan para peeserta, melalui berbagai permainan yang diadakan peserda harus saling bekerja sama antar kelompok hal itu dapat melatih kerja sama, menjadi sarana membangun kebersamaan dan perkenalan lebih dekat antar sesame peserta/mahasiswa.

Kemudian setelah kegiatan tersebut selesai lanjut ke kegiatan materi tentang teknik persidangan yang disampaikan oleh Bapak Badrus Sholeh, S.Pd., M.Pd. materi yang disampaikan oleh beliau merupakan materi dasar yang banyak digunakan dalam kegiatan persidangan atau rapat. Mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan perlu dibekali dengan pengalaman dan keterampilan. Materi ke dua di berikan oleh bapak Heri indra Guawan S.Pd., M.Pd. tentang teknik persuratan, materi yang disampaikan dapat membuat peserta belajar tata persuratan, baik dalam penulisan, bahasa, font yang dogunakan dalam persuratan dll. Yang kemudian materi tersebut nantinyaa akan sangat berguna bagi seorang calon anggota organisasi dalam membuat surat pemberitahuan kepada mahasiswa, surat undangan dosen surat undangan eksternal kampus dll.

       

Kegiatan selanjutnya di hari kedua yaitu awarding, awarding disini yaitu mengapresiasi kelompok-kelompok terbaik yang dapat bekerja sama dalam games dan unjuk bakat dari setiap kelompok peserta. Masing masing dari kelompok tersebut menunjukan bakatnya yaitu orasi. Banyak diantara mereka yang memiliki bakat orasi yang mumpuni dan dapat di asah untuk lebih baik lagi. Kegiatan LDKO selesai pada pukul 18.00 dan diakhiri dengan foto bersama kepanitiaan.

 

 

 

 

 

Total Page Visits: 306 - Today Page Visits: 1