Belajar Saham Pada Sekolah Pasar Modal Yang Dilakukan Secara Hybrid Galeri Investasi Universitas Pamulang 23 Juni 2022

LEMBAGA KEMAHASISWAAN & ALUMNI (LKA)

Pada hari Kamis, 23 Juni 2022 Galeri Invesitasi Universitas Pamulang mengadakan kegiatan Sekolah Pasar Modal, yang merupakan kegiatan edukasi rutin yang diselenggarakan tiap semester. Kegiatan sekolah pasar modal merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk meningkatkan literasi dengan berfokus pada edukasi tentang pasar modal di Indonesia dari segi teori dan praktiknya.

Masih terkendala situasi pasca pandemi, kegiatan sekolah pasar modal dilakukan secara hybrid dalam bentuk webinar yang diselenggarakan secara offline dan juga secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Dalam kegiatan sekolah pasar modal ini calon investor, mahasiswa dan akademisi akan mendapatkan edukasi mengenai Investasi Pasar Modal melalui pemaparan melalui media presentasi power point, video, audio, dan forum diskusi yang digunakan sebagai sarana belajar.

Kegiatan sekolah pasar modal tersebut berlangsung selama kurang lebih 3 (tiga) jam dengan jumlah yang hadir sebanyak 20 orang yang terdiri dari mahasiswa Universitas Pamulang, 2 (dua) dosen yang memberikan sambutan, panitia acara, serta Kak Mia Lastriana dan Bapak Krishna Dwi Setiawan selaku pemateri.

Acara dimulai pada pukul 09.10 WIB oleh Master of Ceremony, lalu pembacaan doa, dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Galeri Investasi Universitas Pamulang dan Kepala Program Studi Akuntansi Program Sarjana Universitas Pamulang, dilanjutkan dengan pemateri 1 yang diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh moderator, kemudian ada waktu istirahat selama 20 menit sebelum disambung kembali dengan pemateri 2 dan diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh moderator. Acara diakhiri dengan pembacaan kesimpulan oleh Master of Ceremony. Serta pemberian kenang kenangan oleh Ketua Umum Galeri Investasi Universitas Pamulang kepada pemateri dan foto bersama seluruh panitia dengan pemateri yaitu Kak Mia Lastriana selaku Trainer of IDX Banten.

Pada Sekolah Pasar Modal kali ini meskipun diadakan secara hybrid, tetapi idak menyurutkan antusiasme dari para peserta. Tidak hanya berisi pemaparan materi dari para pemateri, dalam rangkaian acara SPM tahun ini juga terdapat sesi tanya jawab yang membuat para peserta mendapat pengetahuan tentang cara untuk memilih saham yang akan diinvestasikan.

 

Berikut dokumentasi kegiatan Sekolah Pasar Modal pada tanggal 23 Juni 2022

Gambar 1. Pembukaan Acara dilakukan oleh Amanda Milenia Sitepu

Pembukaan Acara dilakukan oleh Kak Amanda Milenia Sitepu selaku Master Of Ceremony dengan pembacaan bismillah, dan diteruskan dengan menyapa Ibu Effriyanti, Ibu Rosita, Kak Mia, serta seluruh mahasiswa yang hadir.

Gambar 2. Sambutan oleh Ibu Effriyanti, S.E., Akt., M.Si., CA selaku Kepala Program Studi Akuntansi Program Sarjana Universitas Pamulang

Ibu Effriyanti bahwa kegiatan sekolah pasar modal yang dilakukan secara hybrid ini diharapkan dapat meningkatkan literasi dan edukasi terkait pasar modal dan investasi, dan juga mendukung tri dharma perguruan tinggi. Serta diharapkan juga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sehingga dapat menjadi pertimbangan untuk acara offline selanjutnya.

Gambar 3. Pembacaan Doa oleh Firza Febrian Ritonga.

Pembacaan ayat suci Al Quran dibacakan oleh Kak Firza Febrian Ritonga sebagai bentuk pembukaan acara dengan harapan kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

Gambar 4. Pemaparan Materi oleh Narasumber Pertama Kak Mia Lastriana selaku Trainer of IDX Banten

Pada pemarapan materi sesi pertama, Kak Mia memaparkan mengenai pengetahuan dasar pasar modal dan investasi. Pemaparan materi ini disampaikan dengan sangat menarik dengan menampilan presentasi terkait sekolah pasar modal. Pada pemaparan materi ini diselingi dengan pertanyaan dari peserta.

Gambar 5. Pemaparan Materi oleh Narasumber Kedua Pak Krishna Dwi Setiawan selaku perwakilan dari PT. Lotus Andalan Sekuritas

Pemaparan sesi kedua ini dilakukan secara online oleh Pak Krishna, yang memaparkan materi yang berfokus mengenai cara bertransaksi saham dengan menggunakan aplikasi Lotus Sekuritas.

Gambar 6. Pemberian souvenir kepada Kak Mia Lastriana oleh Ketua Umum Galeri Investasi Universitas Pamulang

Pemberian souvenir sebagai bentuk terima kasih oleh anggota Galeri Investasi Universitas Pamulang kepada Kak Mia karena sudah bersedia memberikan materi dalam kegiatan Sekolah Pasar Modal di Universitas Pamulang

Gambar 7. Foto Bersama oleh Kak Mia, Ibu Effriyanti, Ibu Rosita, dan Seluruh Panitia yang hadir

Rangkaian acara ditutup oleh foto bersama dengan Kak Mia, Ibu Effriyanti, Ibu Rosita, dan Seluruh Panitia yang hadir.

Total Page Visits: 24 - Today Page Visits: 1